Kuliner Makassar Unik yang Perlu Anda Ketahui

Menjadi salah satu kota besar di wilayah Indonesia tengah, Makassar juga memiliki daya tarik kulinernya seperti di kota lain. Namun yang sangat familiar di telinga kita adalah kuliner Jawa. Tak adil dong hanya membahas kuliner dari wilayah barat saja. Oleh karena itu, yuk kita temukan kuliner Makassar unik apa saja yang perlu untuk ketahui. Siapa tahu ada kesempatan untuk mengunjungi kota yang terkenal akan Pantai Losari nya yang indah.

Kapurung

Kapurung menjadi kuliner Makassar unik di urutan pertama yang harus anda ketahui. Ini adalah makanan berkuah dengan cita rasa sedikit asam. Bahan dasar dari kapurung ini adalah sagu lho. Pasti sudah terbayang kan betapa menariknya kuliner yang ada di Makassar ini. Bukan hanya sagu saja ya, tetapi ada juga sayuran dan juga ikan. Jadi soal nutrisi, kuliner ini kaya akan gizi. Pencampuran sayuran yang digunakan lumayan unik yaitu kangkung, daun katuk, pakis,dan terong ungu. Semakin segar jika ditambahkan dengan perasan jeruk nipis.

Pallubasa

Seperti yang sudah kita ketahui, kuliner Makassar yang paling populer adalah coto Makassar. Namun ada juga lho yang penampakannya hampir sama yaitu pallubasa. Dari proses memasaknya, jerohan yang digunakan direbus dalam waktu yang lama. Konon katanya makanan ini hanya dikonsumsi oleh kalangan pekerja kelas menengah ke bawah. Jadi sudah pasti terjangkau harganya.  Yang membuatnya unik adalah penambahan kelapa parut goreng yang membuat kuahnya semakin gurih.

Gogos

Sebagai pengganti nasi, ada kuliner Makassar bernama gogos. Apasih sebenarnya gogos ini? Jika dilihat sekilas makanan dari Makassar yang enak ini terlihat seperti pepes bakar. Dulu sih gogos hanya disajikan  ketika ada acara adat saja. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, kuliner ini bisa dinikmati kapan saja. Ada dua macam yang bisa dipilih lho yaitu gogos isi dan tanpa isi. Bagi yang ingin mencoba gogos isi, anda akan mendapatkan ikan tongkol berbumbu yang dicampur dengan kelapa sangrai. Sedangkan yang ingin mengkonsumsinya sebagai pengganti nasi, anda bisa mencoba gogos tanpa isi.

Pisang Epe

Beralih ke kuliner Makassar yang cocok sebagai camilan, pisang epe sangatlah patut untuk dicoba. Pasti anda pernah mendengar beberapa jajanan Makasar yang berbahan dasar pisang. Tampilan dari pisang yang berbentuk sedikit gepeng menjadi ciri khas dari pisang epe ini. Cara memasaknya yang dipipihkan dan dibakar, membuat rasa pisang semakin beraroma. Apalagi ketika di campur dengan saus gula merah cair, yummy deh.

Es Pisang Ijo

Masih dengan kuliner berbahan dasar pisang, ada lagi es pisang ijo yang terkenal dimana mana. Bagi yang ingin menyantap yang segar segar, kuliner Makassar ini adalah contohnya. Dengan  ciri khas luaran berwana hijau dan kenyal, es pisang ijo terlihat unik. Melihatnya saja sudah sangat tergoda karena terlihat segar dengan sirup berwarna merah dan es serut. Cocok deh dikonsumsi di saat cuaca lagi panas-panas nya.