Kuliner Nasi Ekonomis yang Menggiurkan Lidah dan Kantong

Dalam berkulineran, kita memang lebih fokus ke rasa. Harga pun tidak begitu masalah apabila rasa yang ditawarkan sepadan. Namun sebenarnya kita tidak perlu repot-repot mengeluarkan banyak uang untuk satu piring makanan lezat. Hanya dengan Rp 10.000 saja bahkan kurang, masih banyak kok kuliner nasi ekonomis. Nah, bagi yang mencari kuliner nasi murah meriah, artikel ini akan memberikan beberapa referensi ketika anda sedang bokek.

Nasi Kucing

Sego Kucing atau yang dikenal dengan nasi kucing adalah kuliner sederhana yang berasal dari Yogyakarta. Ukurannya sangatlah mungil dengan dibungkus daun pisang atau kertas minyak. Bagi yang suka nongkrong di angkringan, pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner nasi ekonomis ini. Nasi nya sih tampak seperti nasi biasa, namun pilihan lauk dan pelengkapnya itu lho yang bikin ngiler. Ada banyak sekali pilihan sate –sate an telur hingga jerohan, gorengan, hingga sambal. Tak heran jika bisa sampai nambah beberapa kali sangking nikmatnya.

Nasi Jinggo

Berpindah dari Daerah Istimewa Yogyakarta, ada kuliner nasi ekonomis dari Bali bernama Nasi Jinggo. Kuliner Bali yang satu ini terlihat hampir mirip dengan nasi kucing. Sama sama memiliki ukuran yang minimalis, Nasi Jinggo menjadi makanan yang pas untuk mengganjal perut yang sedang keroncongan. Kepalan nasi yang ditambah dengan sambal dan lauk pauk sangatlah nikmat. Biasanya lauk yang ditawarkan adalah ayam suwir, sambal goreng tempe, serundeng, daging sapi, dan tidak lupa Sate Lilit yang khas. Namun lauknya juga semakin beragam karena disesuaikan dengan zaman.

Sego Goreng Resek

Tidak kalah indahnya dengan Pulau Dewata, Kota Malang juga menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia. Tapi bukan hanya alamnya saja ya yang menarik karena kulinernya tak kalah ciamik. Selain bakso yang sangat iconic, ada lagi yang sangat khas yaitu kuliner nasi ekonomis bernama Sego Resek. Jika diartikan langsung ke dalam Bahasa Indonesia, Sego Resek adalah Nasi Sampah. Eits, jangan salah sangka dulu ya. Kuliner nasi harga ekonomis ini sangatlah unik dari proses memasak hingga tampilannya. Jika ditempat lain sudah meninggalkan kompor berbahan bakar arang, tempat ini masih tetap setia lho dengan cara tradisional. Begitu pula dengan kuali yang sangat besar sebagai tempat menggoreng nasi nya. Pantas saja jika disebut dengan Sego Resek karena semua bahan dicampur menjadi satu yang terlihat seperti acak-acakan. Namun rasanya tidak ada tandingannya deh.

Nasi Uduk

Ada satu lagi kuliner yang berbahan dasar nasi yaitu Nasi Uduk. Pecinta kuliner nasi ekonomis pasti sudah memasukkan Nasi Uduk sebagai salah satu dari list. Aromanya yang sangat khas menjadi keunikan dari kuliner khas Betawi ini. Sederhana memang, namun rasa yang gurih membuat nasi ini cocok dipadukan dengan banyak lauk. Telur dadar suwir, tempe orek, ayam, dan urap-urap adalah pelengkap yang sering kita temukan. Masih banyak lagi lho pilihannya seperti jerohan dan empal yang tentunya menggoyang lidah. Oiya, jangan lupa sambal dan krupuknya juga ya.