Minuman Beraroma Khas yang Menghangatkan Tubuh

Minuman beraroma

Di  zaman yang sangat modern seperti ini, kuliner tradisional nampaknya mulai ditinggalkan. Tak hanya makanan saja, namun minuman yang sangat khas belum tentu banyak yang tahu. Minuman beraroma misalnya, banyak sekali lho yang rasanya nikmat. Bagi yang rindu dengan wangi khas dari minuman tradisional, ada beberapa pilihan nih yang sangat pas disruput di kala hujan.

Wedang Jahe

Indonesia memang memiliki banyak sekali rempah, bisa dilihat dari penggunaannya pada makanan atau minuman. Tak heran jika kuliner nusantara sangatlah kaya akan rasa. Ada banyak sekali rempah yang sudah tidak asing ditelinga anda terutama para ibu ibu. Jahe adalah salah satu yang memiliki bau dan rasa yang unik. Seperti yang kita ketahui, rempah ini bisa membuat badan hangat. Bukan hanya itu saja, ada beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan seperti menstabilkan kolesterol dalam tubuh dan menyehatkan sistem pencernaan. Bagi yang ingin mendapatkan manfaat ini, anda bisa mengkonsumsi wedang jahe. Minuman beraroma ini sangat mudah untuk di buat dirumah. Namun jika malas, anda bisa membelinya di pedagang yang menjajakan angsle dan ronde.

Kopi

Dari yang berwarna bening, sekarang kita beralih ke minuman dengan warna pekat yaitu kopi. Minuman yang dihasilkan dari seduhan biji kopi yang beraroma sangat khas ini disukai banyak orang. Membuat pikiran rileks adalah salah satu alasan yang sering digunakan disamping bisa menghangatkan tubuh. Tapi tahukah anda, minuman beraroma khas ini juga bisa dijadikan minuman penetralisir bau yang tidak sedap seperti di saat anda menyantap makanan berbau menyengat. Pasti anda sudah tidak asing dengan nama terkenal yang menjual berbagai macam kopi dengan rasa modern. Padahal yang tradisional lebih ekonomis lho yang bisa anda dapatkan di warkop atau yang diracik sendiri.

Bajigur

Bajigur merupakan minuman manis beraroma khas dari tanah Sunda yang bisa anda coba. Bagi yang belum terlalu familiar, minuman ini dibuat dari campuran santan dan gula aren. Sebagi pelengkapnya, ditambahkan dengan garam, bubuk vanili, dan sedikit jahe. Dari beberapa minuman beraroma khas sebelumnya, bajigur memang memiliki komposisi yang lebih banyak. Jika dilihat sekilas tampak seperti kopi susu atau capucino.

Wedang Uwuh

Ada lagi minuman beraroma yang sangat unik nih yaitu wedang uwuh. Tampilannya itu lho sangat mendeskripsikan betapa uniknya minuman ini. Pasalnya, ada banyak bahan bahan yang berupa dedaunan yang membuatnya terlihat seperti “sampah”. Racikannya terdiri dari jahe, pala, daun cengkeh, daun pala, kayu secang, dan pala. Sebagai pemanisnya, kemudian ditambahkan dengan gula batu. Meski seperti “sampah”, namun minuman tradisional beraroma khas ini sangat berkhasiat. Rasa manis dan pedasnya bisa membuat badan anda hangat.…

Makanan Berbau Menyengat tapi Laris Diserbu banyak Orang

Makanan berbau menyengat

Seiring dengan banyaknya kuliner, tidak hanya yang beraroma harum saja yang memiliki rasa nikmat tetapi makanan dengan bau tidak sedap juga. Sadarkah anda dengan hal ini? Banyak sekali lho makanan berbau menyengat namun bikin nagih. Di Indonesia sendiri masyarakatnya sudah terbiasa dengan hal ini. Ada beberapa kuliner yang akan dibahas di artikel ini, siapa tahu ada salah satu diantara mereka yang menjadi favorit anda.

Ikan Asin

Makanan dengan bau menyengat yang pertama adalah ikan asin. Meskipun tidak semuanya suka, namun banyak juga yang ketagihan. Anda pasti sudah sering melihat Ikan asin ini sebagai pelengkap makan bersama dengan sayur asem atau sayur lodeh. Yup memang benar adanya, dengan cocolan sambal dan nasi hangat, bau yang mulanya sangat menyengat dan membuat anda bersin membuat anda lupa. Ikan asin ini sendiri terbuat dari ikan yang diawetkan. Yang membuatnya terasa sangat asin adalah tambahan garam ketika diawetkan. Jadi ada trick tersendiri jika anda ingin menetralisir baunya yaitu dengan cara direndam air.

Durian

Tak kalah menyengatnya, bau dari Durian bisa membuat orang yang memiliki alergi menjadi pusing bahkan pingsan. Sesuai dengan namanya, Durian ini memiliki duri-duri yang banyak di bagian kulitnya. Tetapi bagi penggemarnya, rasa dari durian sungguh enak. Seiring berjalannya waktu, banyak sekali kuliner yang berbahan dasar durian seperti pancake, ice cream, atau kue. Lebih suka mana nih? Olahan dari durian atau buahnya saja? Namun jangan kebanyakan mengkonsumsinya ya karena akan mengakibatkan mabuk Durian.

Jengkol & Petai

Jengkol menjadi makanan berbau menyengat selanjutnya yang laris diserbu banyak orang. Bagi yang pertama kali mencoba, mungkin mengira kalau jengkol memiliki tekstur seperti kentang. Namun jengkol lebih keras dengan rasa yang berbeda pula. Pernahkah anda mendengar tentang semur jengkol? Makanan khas yang baunya menyengat ini sangat dieluh-eluhkan orang Betawi. Tapi memang beralasan sih. Pengolahan jengkol dengan benar akan menambah kenikmatan. Ada lagi yang tidak bisa dilepaskan dari Jengkol yaitu petai atau pete. Walaupun berbau tak sedap, namun pete sangat cocok sebagai teman makan bersama sambal. Efeknya, anda akan kuwalahan untuk tidak tambah nasi.

Petis

Meskipun bukan makanan utama, petis juga termasuk makanan berbau menyengat yang disukai banyak orang khususnya di Jawa Timur. Ada beberapa kuliner yang menggunakan petis seperti tahu petis, rujak cingur, dan lontong kupang. Cita rasanya sangat berbeda lho dengan makanan yang tidak memakai Petis. Pada umumnya petis ini berbahan dasar ikan atau udang. Namun ada juga jenis lainnya seperti petis sapi.…

Kuliner Nasi Ekonomis yang Menggiurkan Lidah dan Kantong

Kuliner nasi ekonomis

Dalam berkulineran, kita memang lebih fokus ke rasa. Harga pun tidak begitu masalah apabila rasa yang ditawarkan sepadan. Namun sebenarnya kita tidak perlu repot-repot mengeluarkan banyak uang untuk satu piring makanan lezat. Hanya dengan Rp 10.000 saja bahkan kurang, masih banyak kok kuliner nasi ekonomis. Nah, bagi yang mencari kuliner nasi murah meriah, artikel ini akan memberikan beberapa referensi ketika anda sedang bokek.

Nasi Kucing

Sego Kucing atau yang dikenal dengan nasi kucing adalah kuliner sederhana yang berasal dari Yogyakarta. Ukurannya sangatlah mungil dengan dibungkus daun pisang atau kertas minyak. Bagi yang suka nongkrong di angkringan, pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner nasi ekonomis ini. Nasi nya sih tampak seperti nasi biasa, namun pilihan lauk dan pelengkapnya itu lho yang bikin ngiler. Ada banyak sekali pilihan sate –sate an telur hingga jerohan, gorengan, hingga sambal. Tak heran jika bisa sampai nambah beberapa kali sangking nikmatnya.

Nasi Jinggo

Berpindah dari Daerah Istimewa Yogyakarta, ada kuliner nasi ekonomis dari Bali bernama Nasi Jinggo. Kuliner Bali yang satu ini terlihat hampir mirip dengan nasi kucing. Sama sama memiliki ukuran yang minimalis, Nasi Jinggo menjadi makanan yang pas untuk mengganjal perut yang sedang keroncongan. Kepalan nasi yang ditambah dengan sambal dan lauk pauk sangatlah nikmat. Biasanya lauk yang ditawarkan adalah ayam suwir, sambal goreng tempe, serundeng, daging sapi, dan tidak lupa Sate Lilit yang khas. Namun lauknya juga semakin beragam karena disesuaikan dengan zaman.

Sego Goreng Resek

Tidak kalah indahnya dengan Pulau Dewata, Kota Malang juga menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia. Tapi bukan hanya alamnya saja ya yang menarik karena kulinernya tak kalah ciamik. Selain bakso yang sangat iconic, ada lagi yang sangat khas yaitu kuliner nasi ekonomis bernama Sego Resek. Jika diartikan langsung ke dalam Bahasa Indonesia, Sego Resek adalah Nasi Sampah. Eits, jangan salah sangka dulu ya. Kuliner nasi harga ekonomis ini sangatlah unik dari proses memasak hingga tampilannya. Jika ditempat lain sudah meninggalkan kompor berbahan bakar arang, tempat ini masih tetap setia lho dengan cara tradisional. Begitu pula dengan kuali yang sangat besar sebagai tempat menggoreng nasi nya. Pantas saja jika disebut dengan Sego Resek karena semua bahan dicampur menjadi satu yang terlihat seperti acak-acakan. Namun rasanya tidak ada tandingannya deh.

Nasi Uduk

Ada satu lagi kuliner yang berbahan dasar nasi yaitu Nasi Uduk. Pecinta kuliner nasi ekonomis pasti sudah memasukkan Nasi Uduk sebagai salah satu dari list. Aromanya yang sangat khas menjadi keunikan dari kuliner khas Betawi ini. Sederhana memang, namun rasa yang gurih membuat nasi ini cocok dipadukan dengan banyak lauk. Telur dadar suwir, tempe orek, ayam, dan urap-urap adalah pelengkap yang sering kita temukan. Masih banyak lagi lho pilihannya seperti jerohan dan empal yang tentunya menggoyang lidah. Oiya, jangan lupa sambal dan krupuknya juga ya.…

Kuliner Bali yang Menggoyang Lidah untuk Dicoba

Kuliner Bali

Bali memang menyimpan begitu banyak keindahan alam. Ini sudah bukan menjadi rahasia umum karena destinasi terbanyak yang diketahui turis mancanegara adalah Pulau Bali. Tapi berwisata saja belum lengkap kan jika tidak berkulineran? Ada banyak sekali lho kuliner Bali yang menggoyang lidah. Nah, bagi anda yang memiliki rencana untuk berlibur ke Bali, jangan hanya menikmati pantai nya saja ya, isi perut anda juga dengan beberapa kuliner enak di Bali di bawah ini.

Sate Lilit

Sate Lilit adalah kuliner khas Bali yang sudah dikenal banyak orang. Dengan berbahan dasar daging, kuliner ini berbeda dengan sate pada umumnya. Apa sih yang paling membedakan? Bentuknya yang menggumpal dan dililit menjadi ciri khasnya. Selain itu, bukan hanya memakai daging ayam saja tetapi daging sapi, babi, dan ikan. Rasanya sangat khas deh karena daging yang diolah dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu rempah. Semakin beraroma lagi karena tusukannya terbuat dari batang sereh. Selain nasi, ada juga pelengkap lainnya seperti sambal matah dan sup ikan tuna.

Nasi Jinggo

Tidak kalah pamornya dengan Sate Lilit, Nasi Jinggo juga sempat sangat popular akhir akhir ini. Sepintas, kuliner Bali ini terlihat seperti nasi campur. Meskipun kudapan ini sangat sederhana yaitu dibungkus dengan daun pisang, namun banyak orang yang gemar mengkonsumsinya. Rasa dan harganya yang sangat ekonomis mungkin menjadi alasan kenapa. Harga yang berbeda akan tampak ketika anda memilih lauk seperti Sate Lilit atau daging sapi.

Lawar Kuwir

Menemukan fast food sangatlah mudah di Bali karena seperti yang kita tahu, banyak sekali turis mancanegara yang menghabiskan waktu untuk berlibur di Pulau Dewata ini. Tak heran jika banyak resto atau cafe dengan cita rasa yang kebarat-baratan. Tapi sensasinya sangat berbeda ketika anda menyantap makanan yang khas. Lawar Kuwir inilah yang menjadi pilihan selanjutnya untuk kuliner Bali yang nikmat. Jika dilihat dari tampilannya, Lawar ini terlihat seperti tidak beraturan. Mungkin karena daging dan sayur yang dicampur menjadi satu. Sebenarnya ada beberapa pilihan untuk jenis lain seperti Lawar Ayam, Lawar Kambing, dan Lawar Babi. Jadi yang tidak mengkonsumsi makanan non halal, ada juga kok yang menggunakan daging ayam.

Tipat Blayag

Masih ada satu kuliner Bali yang sangat khas untuk dicoba yaitu Tipat Blayag. Di daerah lain mungkin kuliner ini disebut ketupat. Tapi bentuknya tidak sama dengan ketupat pada umumnya melainkan memanjang. Bukan dimakan begitu saja ya, biasanya Tipat Blayag disantap bersamaan dengan ayam bumbu kuah , ayam suir, urap, kedelai goreng, keripik kulit, dan tak lupa sambal. Yummy deh pokonya. Sangat cocok untuk dijadikan santap pagi atau siang anda.…

Kudapan Tradisional yang Cocok untuk teman Ngeteh

Kudapan tradisional

Rasa manis dan gurih adalah ciri khas dari kudapan tradisional nusantara. Tak kalah nikmatnya dengan makanan ringan modern dengan keju mozarella yang melimpah, masih ada banyak lho yang rasanya sangat tradisional namun lebih nikmat. Disela sela aktivitas atau waktu luang anda, bisa banget nih menyantap beberapa kudapan manis tradisional di bawah ini.

Onde Onde

Bagi yang suka dengan jajanan pasar, pasti sudah tidak asing lagi dengan kue yang berbentuk bulat dengan luaran bertaburan wijen yang banyak. Yup Onde Onde adalah jajanan yang memiliki tekstur sedikit kenyal dengan isian kacang hijau yang manis. Tahu nggak sih? Ternyata Onde Onde ini sudah eksis sejak dulu lho dari jaman Majapahit. Ada yang berbentuk besar dan ada pula yang berbentuk kecil kecil. Dua dua nya sangat cocok untuk teman ngopi atau ngeteh anda.

Ketan

Meskipun sangat padat seperti nasi, namun ketan juga menjadi kudapan tradisional yang disukai banyak orang khususnya di Jawa Timur. Pernahkan anda mengetahui kuliner ketan dengan varian yang beraneka ragam? Di kota Malang ada lho tempat yang sangat populer bernama Pos Ketan Legenda. Kuliner Malang yang satu ini bercita rasa gurih dengan pilihan rasa dari yang tradisional hingga lebih modern. Meskipun begitu, rasa original dengan topping bubuk kedelai dengan tambahan kelapa bisa menjadi pilihan yang sangat otentik. Jika sedang berlibur ke Kota Apel Malang, jangan lupa singgah ke Pos Ketan Legenda ya.

Gethuk

Tidak kalah dengan kelegendarisan Onde Onde dari jaman Majapahit, ada lagi nih kudapan tradisional yang sudah ada dari jaman dulu yaitu Gethuk. Dengan berbahan utama ketela pohon atau singkong, kudapan ini sangat merakyat. Bagaimana tidak, harga yang dibanderol untuk satu biji Gethuk masih sangat terjangkau. Kudapan ini bisa anda dapatkan dengan udah d Jawa Timur dan Jawa Tengah. Untuk jenisnya, sebenarnya ada dua yang bisa anda pilih yaitu singkong kukus yang diolah dengan gula dan diwarnai, atau yang satunya yaitu singkong kukus dengan taburan gula aren. Apapun pilihan anda, kudapan enak cita rasa tradisional ini sangat cocok untuk camilan pagi anda.

Combro Misro

Setelah membahas kudapan tradisional dari Jawa Timur dan Jawa Tengah, kini saatnya mengeksplor kuliner dari Jawa Barat. Pernahkah anda mendengar Combro dan Misro? Kedua macam makanan ini adalah gorengan yang dibuat dari adonan singkong. Meskipun terlihat tidak jauh berbeda, namun Combro dan Misro memiliki isian yang berbeda. Bagi yang suka dengan rasa yang gurih, Combro sangat cocok untuk anda. Diambil dari kata oncom di jero atau oncom di dalam, kudapan tradisional ini berisi isian oncom dengan bumbu seperti bawang putih dan merah, daun bawang, dan ada juga yang menambahkan cabai. Sedangkan untuk penyuka manis, Misro sangat cocok untuk anda karena isiannya berupa gula aren.…