Kudapan Tradisional yang Cocok untuk teman Ngeteh

Kudapan tradisional

Rasa manis dan gurih adalah ciri khas dari kudapan tradisional nusantara. Tak kalah nikmatnya dengan makanan ringan modern dengan keju mozarella yang melimpah, masih ada banyak lho yang rasanya sangat tradisional namun lebih nikmat. Disela sela aktivitas atau waktu luang anda, bisa banget nih menyantap beberapa kudapan manis tradisional di bawah ini.

Onde Onde

Bagi yang suka dengan jajanan pasar, pasti sudah tidak asing lagi dengan kue yang berbentuk bulat dengan luaran bertaburan wijen yang banyak. Yup Onde Onde adalah jajanan yang memiliki tekstur sedikit kenyal dengan isian kacang hijau yang manis. Tahu nggak sih? Ternyata Onde Onde ini sudah eksis sejak dulu lho dari jaman Majapahit. Ada yang berbentuk besar dan ada pula yang berbentuk kecil kecil. Dua dua nya sangat cocok untuk teman ngopi atau ngeteh anda.

Ketan

Meskipun sangat padat seperti nasi, namun ketan juga menjadi kudapan tradisional yang disukai banyak orang khususnya di Jawa Timur. Pernahkan anda mengetahui kuliner ketan dengan varian yang beraneka ragam? Di kota Malang ada lho tempat yang sangat populer bernama Pos Ketan Legenda. Kuliner Malang yang satu ini bercita rasa gurih dengan pilihan rasa dari yang tradisional hingga lebih modern. Meskipun begitu, rasa original dengan topping bubuk kedelai dengan tambahan kelapa bisa menjadi pilihan yang sangat otentik. Jika sedang berlibur ke Kota Apel Malang, jangan lupa singgah ke Pos Ketan Legenda ya.

Gethuk

Tidak kalah dengan kelegendarisan Onde Onde dari jaman Majapahit, ada lagi nih kudapan tradisional yang sudah ada dari jaman dulu yaitu Gethuk. Dengan berbahan utama ketela pohon atau singkong, kudapan ini sangat merakyat. Bagaimana tidak, harga yang dibanderol untuk satu biji Gethuk masih sangat terjangkau. Kudapan ini bisa anda dapatkan dengan udah d Jawa Timur dan Jawa Tengah. Untuk jenisnya, sebenarnya ada dua yang bisa anda pilih yaitu singkong kukus yang diolah dengan gula dan diwarnai, atau yang satunya yaitu singkong kukus dengan taburan gula aren. Apapun pilihan anda, kudapan enak cita rasa tradisional ini sangat cocok untuk camilan pagi anda.

Combro Misro

Setelah membahas kudapan tradisional dari Jawa Timur dan Jawa Tengah, kini saatnya mengeksplor kuliner dari Jawa Barat. Pernahkah anda mendengar Combro dan Misro? Kedua macam makanan ini adalah gorengan yang dibuat dari adonan singkong. Meskipun terlihat tidak jauh berbeda, namun Combro dan Misro memiliki isian yang berbeda. Bagi yang suka dengan rasa yang gurih, Combro sangat cocok untuk anda. Diambil dari kata oncom di jero atau oncom di dalam, kudapan tradisional ini berisi isian oncom dengan bumbu seperti bawang putih dan merah, daun bawang, dan ada juga yang menambahkan cabai. Sedangkan untuk penyuka manis, Misro sangat cocok untuk anda karena isiannya berupa gula aren.…

Kuliner Unik Asia Tenggara yang Perlu Anda Ketahui

Kuliner unik Asia Tenggara

Jika dibandingkan dengan kuliner western, sebenarnya kuliner Asia terutama Asia Tenggara lebih bervariasi dari segi rasa dan macamnya. Mungkin karena lebih berani untuk bumbunya yang menjadikan cita rasanya pun khas. Bahkan ada kuliner unik Asia Tenggara yang mungkin belom pernah anda ketahui. Menikmati makanan siap saji sudah sangat biasa kan? Coba deh beberapa kuliner yang sangat unik di bawah ini.

Kimchi dari Korea

Pernahkah anda mendengar Kimchi? Yup makanan tradisional khas Korea ini sangatlah unik. Pasti anda familiar dengan kuliner ini dari Drama Korea. Sama seperti jananan Korea yang terkenal, kimchi ini menjadi identitas masyarakat Korea. Sayuran yang berasal dari hasil fermentasi terlihat seperti asinan. Dengan tambahan bumbu pedas yang terbuat dari bawang putih, udang krill, jahe, udang krill, dan bubuk cabai, anda bisa mengira-ngira rasanya seperti apa. Bagi orang Korea, kuliner ini sangat wajib untuk pelengkap makanan. Namun bagi yang tidak suka dengan rasa asam, mungkin anda mengira rasa dari kimchi ini aneh.

Ayam Betutu dari Bali

Beralih ke Indonesia, ada kuliner yang unik yaitu Ayam Betutu. Lauk pelengkap makan yang terbuat dari ayam atau bebek ini berisi berbagai macam bumbu seperti kencur, kunyit, dan lengkuas. Daging ayam atau bebek dibiarkan utuh tanpa dipotong. Namun ada juga yang mengolahnya dengan cara dibelah tanpa putus. Ayam Betutu bisa dikategorikan sebagai kuliner unik Asia Tenggara karena cara memasaknya masih tradisional yaitu dipanggang dalam api sekam. Kalo soal rasa jangan ditanya deh karena sangat nikmat dengan terkstur yang lembut. Oleh karena itu, Ayam Betutu bisa menjadi makanan enak dan unik anda.

Kwek Kwek dari Filipina

Kuliner unik Asia Tenggara yang selanjutnya adalah Kwek Kwek dari Filipina. Terdengar sangat lucu kan namanya? Bagi penggemar sate telur, kuliner unik ini bisa dicoba. Jika di Indonesia yang sering anda temukan adalah sate telur yang dimasak bacem, Kwek Kwek ini lebih unik lagi. Telur puyuh yang sudah matang dilumuri dengan tepung terigu kemudian di celup di adonan yang terbuat dari larutan annatto, tepung terigu, soda kue, dan tidak lupa kocokan telur. Warna orange dari adonan tersebutlah yang membuat Kwek Kwek ini unik.

Umai dari Malaysia

Yang suka dengan makanan mentah, ada kuliner unik Asia Tenggara dari Malaysia bernama Umai. Kuliner ini dibuat dari ikan atau udang mentah lho. Namun jangan khawatir dengan bau nya ya karena sebelum disajikan, daging ikan sudah direndam menggunakan air limau. Kemudian diiris atau dipotong-potong dan dicampur dengan bumbu-bumbu seperti cabai, garam, bawang, serta penyadap. Kuliner segar ini bisa anda santap tanpa tambahan atau bisa dengan sambal.

Serangga Goreng dari Thailand

Ada satu lagi kuliner unik Asia Tenggara yang bisa anda coba yaitu Serangga Goreng. What! Serangga Goreng! Pasti anda terkejut mendengarnya. Kuliner ini sudah sangat umum di Thailand tetapi masih sangat ekstrim untuk banyak orang di negara lain. Yang bernyali besar, sangat disarankan untuk mencobanya. Ada banyak sekali lho pilihannya seperti belalang, jangkrik, capung, semut, dan masih banyak yang lainnya. Coba deh sekali kali biar tidak bosan dengan menu yang mainstream.…

Jajanan Korea Hits yang Wajib untuk Dicoba

Jajanan Korea

Setelah demam Korean Wave melanda Indonesia, semakin banyak orang yang kepo dengan segala hal yang berbau bau Korea. Kuliner adalah salah satu contoh yang menjadi sebuah trend masa kini. Banyak sekali resto maupun cafe yang menawarkan makanan dan minuman Korea. Jika anda sering menonton K-Drama, pasti pernah melihat jajanan Korea yang nampak menggiurkan. Tapi mungkin anda tidak mengetahu namanya. Tenang, artikel ini akan membahas tentang jajanan enak di Korea. Siapa tahu ada salah satu yang menjadi favorit anda.

Odeng

Sate satean yang sering dijual dipinggir jalan memang sangat menggiurkan. Hal yang sama juga terjadi di Korea Selatan. Dengan cuaca yang sangat dingin, tentunya sangat nikmat kan menikmati kuliner sate yang hangat. Namun bukan sate ayam atau kambing ya, ini adalah jajanan Korea yang terbuat dari fish cake. Adonannya terbuat dari ikan yang dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung terigu. Untuk bumbunya, lumayan mirip seperti bakso. Jadi, ini tidak dibakar ya, melainkan direbus. Kuah kaldunya itu lho yang sedap.

Bungeoppang

Bungeoppang adalah jajanan Korea yang berbentuk seperti ikan. Mungkin anda pernah mendengar Taiyaki yang berasal dari Jepang. Nah, kue ini hampir sama dengan Bungeoppang. Isiannya pun juga sama yaitu kacang merah. Rasanya yang seperti pancake sangat pas untuk dinikmati bersama dengan kopi dan teh. Meskipun camilan, namun Bungeoppang sangat mengenyangkan lho karena ada kacang merahnya. Ini adalah snack wajib di Korea yang sayang bila tidak dicoba.

Tteokbokki

Kuliner Korea memang tidak bisa dilepaskan dari penggunaan fish cake. Anda pasti pernah melihatnya di beberapa makanan. Tetapi jika berbicara tentang jajanan Korea, teokbokki adalah salah satu yang sangat ikonik dengan fish cake nya. Namun isiannya bukan hanya fish cake saja melainkan kue beras atau rice cake. Untuk bumbunya memakai gochujang atau saus khas Korea yang rasanya manis dan pedas. Bentuk teokbokki pada umumnya sih silinder atau batang.

Hotteok

Hotteok adalah jajanan Korea selanjutnya yang menjadi andalan. Pancake yang berbentuk bulat dan pipih ini memiliki isian kacang tumbuk, campuran dark brown sugar, dan bubuk kayu manis. Bisa dibanyangin sendiri bagaimana rasa dari Hotteok ini. Proses pembuatannya mirip seperti ketika anda membuat pancake pada umumnya.

Twikim

Bagi yang suka dengan gorengan, ada jajanan Korea yang wajib anda coba yaitu Twikim. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gorengan yang dijual di Indonesia, namun bahan yang dipakai. Twikim ini lebih bervariasi lagi seperti udang, cabai hijau, cumi, ubi, dan yang terlihat seperti bakwan. Ini adalah kuliner yang terjangkau yang bisa anda temukan di mana saja di Korea.…

Kuliner Rempah khas Aceh untuk Dijadikan Referensi

Kuliner rempah khas Aceh

Masakan Jawa memang sudah sangat terkenal di dunia perkulineran. Rasa nya yang kebanyakan pedas dan bersantan adalah bagaimana kita mendeskripsikan. Namun sadarkah anda banyak sekali kuliner Indonesia yang masih bisa dieksplor lagi? Kuliner rempah khas Aceh juga tidak kalah nikmatnya lho. Sebenarnya kuliner Aceh sudah dikenal banyak orang. Tapi hanya beberapa saja yang terkenal. Oleh karena itu, artikel ini mengajak anda mengenal kuliner khas Aceh lainnya. Siapa tahu ada yang menjualnya di kota anda atau berkesempatan mengunjungi Serambi Mekkah ini.

Mie Aceh

Sebelum menuju ke kuliner rempah yang belum terlalu dikenal banyak orang, ada baiknya jika membahas yang umum dulu yaitu mie Aceh. Siapa sih yang tidak mengenal mie dengan rasa lezat ini? Bumbunya yang sangat kaya dengan rempah sangatlah berbeda dengan kuliner di daerah lain. Pada umunya, mie Aceh yang sering ditawarkan adalah mie kuah atau mie goreng. Namun pilihan isiannya beragam seperti ayam, daging sapi, dan seafood seperti udang.

Teh Tarik

Setelah Mie Aceh, ada satu lagi yang sangat terkenal yaitu teh tarik. Sama seperti makanannya, minumannya pun juga beraroma khas rempah rempah. Bagi yang suka dengan yang manis-manis, sangat cocok untuk anda. Dingin atau panas bisa disesuaikan dengan selera anda. Bukan hanya rasa saja yang menarik perhatian tetapi cara pembuatannya. Buka sembarangan orang yang meracik teh tarik ini karena membutuhkan skill. Sama seperti namanya, sebelum disajikan kepada pembeli, teh nya melalui proses seperti di tarik tarik.

Ayam Tangkap

Nah, sekarang giliran kuliner rempah khas Aceh yang belum terlalu dikenal orang. Sebenarnya kuliner ini sudah bisa ditemukan di beberapa kota. Jika anda belum pernah mendengarnya sama sekali, ayam tangkap ini memiliki tampillan yang unik. Dominasi dedaunan yaitu daun kari dan daun salam membuat daging ayamnya terlihat seperti ditutupi dedaunan. Inilah alasan mengapa kemuadian kuliner Aceh dengan rempah kuat ini disebut ayam tangkap. Anda harus mencari daging ayam di antara banyak dedaunan.

Gulai Sie Itek

Makanan berkuah rasa kari yang bernama Gulai Sie Itek bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk kuliner rempah khas Aceh. Jika dilihat dari penampakannya terlihat seperti opor ayam. Namun di gulai Sie Itek menggunakan daging itik atau bebek juga bisa. Tekstur lembut dari bebek yang berlumur kuah kari kental sangat gurih lho. Yang pastinya ada teknik memasak khusus yaitu slow braising. Selain itu kelapa parut yang disangrai juga membuat kuliner ini unik.

Bubur Kanji Rumbi

Kuliner rempah khas Aceh selanjutnya yang  patut untuk dicoba adalah bubur kanji rumbi. Secara tampilannya sih tidak terlalu berbeda dengan bubur ayam pada umumnya. Hanya saja komposisinya lebih beragam seperti kentang, wortel, potongan daging dan udang. Selain itu, bumbu nya lebih kaya rempah yang terdiri dari bawang, lada, jahe, kunyit, cabai, dan daun sop.…

Kuliner Indonesia yang Sudah Go Internasional

Kuliner Indonesia

Seiring banyaknya wisatawan dari luar negeri yang berlibur ke Indonesia, kuliner nusantara nampaknya mengalami peningkatan yang pesat. Bagaimana tidak, hotel sebagai tempat mereka menginap bukan hanya memberikan makanan bercita rasa western saja tetapi yang khas dari Indonesia. Tak heran jika sekarang kuliner Indonesia lebih dikenal secara global. Sebagai efeknya, orang Indonesia yang menetap di luar negeri memanfaatkanya sebagai peluang bisnis. Di Belanda misalnya, anda bisa menemukan beberapa restoran yang menawarkan masakan khas nusantara. Bagi yang kangen dengan masakan Indo, sangat terbantu kan? Apa saja sih kuliner terkenal di Indonesia yang bisa dirasakan oleh orang luar?

Tempe

Tempe atau yang dikenal dengan tempeh adalah lauk sehari hari masyarakat Indonesia. Dengan harga yang sangat murah, kuliner Indonesia ini memiliki rasa yang nikmat dengan kandungan protein yang baik untuk tubuh. Meskipun makanan yang berasal dari fermentasi kacang kedelai ini sangat merakyat, namun ternyata banyak orang luar negeri yang menyukainya. Pernah kah anda mendengar berita tentang keberadaan tempe di kota London? Itu hanya salah satu cerita betapa dikenalnya tempe sekarang ini. Bukan hanya itu saja, harga yang dipatok pun juga berkali kali lipat dibandingkan yang dijual di tukang sayur keliling hingga pasar modern.

Mie Instant

Tidak kalah hitsnya dengan tempe, Mie Instant juga sangat booming akhir akhir ini. Padahal sebelumnya memang sudah tersebar di berbagai negara seperti Arab, Nigeria, Inggris, dan Turki. Kalian pasti sudah tahu kan merk terkemuka yang sangat melegenda? Dari dulu hingga kini, rasanya masih saja sama nikmatnya. Namun yang paling nendang memang yang mie goreng. Baunnya itu benar-benar bikin laper. Apalagi jika ditambah telur setengah matang dan rawit. Dijamin satu saja kurang deh. Tak hanya itu saja, ada banyak sekali inovasi dari mie instant ini seperti donat mie. Kuliner Indonesia ini sudah menarik perhatian masyarakat dunia.

Rendang

Rendang adalah kuliner Indonesia selanjutnya yang juga go internasional. Dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia, Rendang memiliki cita rasa yang sangat khas. Campuran bumbu dan rempah-rempah adalah alasannya. Ditambah lagi dengan proses memasaknya yang memerlukan waktu yang lumayan lama yaitu sekitar kurang lebih 4 jam hingga bumbu dan daging mengering dan berwarna hitam pekat. Bisa dibayangkan kan betapa melelahkannya membuat kuliner enak ini. Namun sebagai efeknya, rendang bisa bertahan lebih lama hinga berminggu- minggu.

Nasi Goreng

Nasi memang sudah menjadi makanan pokok dari orang Indonesia. Rasa nya kurang lengkap jika belum menyantap nasi. Sangking primadonanya, bahkan menyantap lauk yang sudah memiliki karbo juga diberi nasi. Mungkin anda adalah salah satu orang yang makan mie instant dengan nasi. Terdengar lucu memang, namun itulah keunikan orang Indonesia. Sebenarnya nasi bisa diolah menjadi makanan yang berbeda, namun jika berbicara tentang kuliner Indonesia yang go internasional, Nasi Goreng lah yang masuk dalam list. Beuh harum dari bumbu-bumbu ketika digoreng sangatlah sedap. Variasinya juga banyak tetapi yang nikmat adalah yang paling tradisional dengan telur goreng dan timun.

Sate

Ingatkah anda dengan pidato mantan Presiden Amerika yaitu Obama ketika berada di Indonesia? Beliau sempat mention tentang makanan yang disukai salah satunya sate. Yup kuliner enak Indonesia ini memang tidak ada tandingannya. Kenikmatan daging ayam atau kambing yang dibakar memang lebih nendang. Tidak lupa dengan saus kacang yang menjadi ciri khas dari kuliner Indonesia ini. Mendapatkannya pun juga sangat mudah. Ternyata sate ini juga sudah go internasional seperti makanan yang lainnya.

Kopi Luwak

Jika sebelumnya pembahasan berfokus pada makanan, kini saatnya kita fokus ke minuman yang sangat unik. Kenapa disebut unik? Pasalnya kopi harus dimakan oleh binatang luwak terlebih dahulu yang kemudian keluar menjadi kotoran dalam bentuk biji kopi. Mungkin memang aneh untuk sebagian orang, namun faktanya kopi luwak dihargai dengan nominal yang fantastis. Rasa yang berbeda mungkin menjadi alasan mengapa orang luar negeri banyak yang kepincut dengan kuliner Indonesia ini.…